Home » » Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu Sebelum Tidur



alisyraqnews | Diantara kebiasaan indah mereka para sholihin adalah jika datang waktu tidur malamnya, minimal 2 roka'at sholat sunnah mereka kerjakan. bagaimana dengan diri kita ? sudahkah kita ini mengerjakan hal yang sama ?..

Marilah kita memulai hal tersebut di atas dengan berwudhu' sebelum tidur, semoga dengan kita melakukan berwudhu sebelum tidur akan mengantarkan hati kita untuk melaksanakan shalat malam, mari kita bahas.

Nabi SAW telah menyatakan salah satu faedah dari banyaknya faedah yg di dapat seseorang yg berwudhu' ketika hendak tidurnya adalah di mintakan ampun oleh para malaikat,

Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.'” (HR. Ibn Hibban 3/329).

Bagaimana dengan hukum berwudhu' sebelum tidur ?

Tidak ada tuntutan atas setiap orang hendak tidur harus terlebih dahulu berwudhu. Keutamaannya adalah bahwa berwudhu sebelum tidur adalah sesuatu yang sulit kita lakukan.Namun Jika kita menyadari akan banyaknya dosa-dosa yang ada pada diri kita, maka berwudhu sebelum tidur adalah perbuatan baik yang bisa melebur dosa-dosa kita.

Marilah kita yang lemah dihadapan Allah, meminta kepadaNya agar dimudahkan untuk membiasakan diri berwudhu sebelum tidur, karena berwudhu' sebelum tidur lebih sulit daripada berwudhu' ketika hendak shalat. Mengapa demikian, kita semua telah mengetahui bahwa berwudhu sebelum shalat adalah kewajiban yang bisa menentukan sah atau tidaknya shalat yang kita kerjakan.

Semoga kita selalu di berikan ke istiqomahan di dalam mengerjakan segala amal perbuatan baik yang bernilai ibadah dalam rangka mencari keridhoanNya

Aamiin

NB ( artikel ini sudah diposting di fanspage Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq 
dengan perbaikan kata dan kalimat yang kami anggap perlu )

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Facebook Twitter 

Translate

Popular Posts

FansPage

Blog Archive