Home » » Dzikir Wukuf Arafah - Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq

Dzikir Wukuf Arafah - Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq


Assalamu’alaikum Wr Wb

Wukuf adalah mengasingkan diri atau mengantarkan diri ke suatu “panggung replika” padang Masyhar. Suatu gambaran bagaimana kelak manusia dikumpulkan di suatu padang Masyhar dalam formasi antri menunggu giliran untuk dihisab oleh Allah SWT. Wukuf adalah suatu contoh sebagai peringatan kepada manusia tentang kebenaran Illahi.

Status hukum Wukuf di Arafah adalah wajib ( jika ditinggalkan maka Hajinya tidak sah ). Wukuf juga merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhizah.

Sebagian Ulama berpendapat, melaksanakan doa dan dzikir di hari arafah tidak hanya khusus untuk umat Islam yang sedang melaksanakan haji, tetapi juga boleh dilakukan oleh umat Islam yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji.

Tanda bahwasanya keutamaan do’a dan dzikir pada hari Arafah dapat kita lihat dari sebagian salaf yang membolehkan ta’rif. Ta’rif adalah berkumpul di masjid untuk berdo’a dan dzikir pada hari Arafah, yang waktunya di mulai dari siang hari ( zhuhur ) sampai dengan menjelang terbenamnya matahari.

Para salaf dahulu saling memperingatkan, bagi yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji, tepat pada hari Arafah untuk sibuk dengan ibadah dan memperbanyak do’a serta tidak banyak bergaul dengan manusia.

Untuk mendapatkan keutamaan mustajabnya hari arafah sebagaimana umat yang sedang melaksanakan ibadah haji, maka Guru kami KH. Suherman Mukhtar, MA bermaksud mengundang seluruh jama’ah kaum Muslimin dan Muslimat dimanapun berada untuk berkenan hadir dalam acara Dzikir Wukuf Arafah yang insya Allah pada hari :

Hari :
Minggu siang

tanggal :
11 September 2016 M / 09 Zulhijjah 1437 H

Waktu :
jam 11.30 WIB s/d 16.30 WIB

Tempat :
Ma’had Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq
Jl. F Pejuangan No. 56 RT. 010/10 Kebon Jeruk
Jakarta Barat
Google Maps buka link
Lokasi Pondok Pesantren 
Terbuka Gratis Al Isyraq

Acara :
Shalat Dzuhur Berjamaah
Dzikir Wukuf Arafah
Doa Wukuf Arafah
Tausiyah
Shalat Ashar Berjamaah

Demikianlah undangan ini kami sampaikan, semoga Allah SWT meringankan kaki kita untuk melangkah menuju ketaqwaan serta semoga pada tahun-tahun mendatang kita semua bisa menunaikan ibadah haji sebagaimana saudara kita yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji. Aaamiiin.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Tertanda
KH. Suherman Mukhtar, MA
Penggagas, Pendiri dan Pengasuh
Pondok Pesantren Terbuka Gratis Al Isyraq
Jakarta Barat

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Facebook Twitter 

Translate

Popular Posts

FansPage

Blog Archive